Sabtu, 28 November 2015

PENGENDALIAN PENGGEREK BATANG PADI DENGAN PENDETEKSI LAMPU

Pengendalian penggerek batang padi (Scirpophaga sp.) melalui lampu pemantau. Hama ini tergolong sangat merugikan karena larva serangga ini menggerek batang padi. Disini saya akan bercerita tentang pengendalian yang paling efektif. Pengendalian yang saya rekomendasikan adalah menggunakan lampu pemantau (bahan dari spesialis hama).
Sebelumnya kita harus mengetahui bahwa telur hama penggerek batang padi ini akan menetas 4-5 hari setelah bertelur. Larva hama ini akan bertahan 1-2 hari pada daun tanaman padi dan selanjutnya akan menggerek batang padi. Hama ini bertelur pada malam hari penggunaan lampu ini dimaksudkan untuk melihat jumlah serangga yang terjebak dalam lampu pemantau. Dari penjelasan singkat di atas kapankah waktu yang tepat mengendalikan serangga hama ini?
Waktu yang tepat dalam pengendalian hama ini adalah 5-7 hari setelah melihat serangga yang terperangkap dalam lampu pemantau. Waktu tersebut tepat karena saat itu serangga atau larva masih berada di ujung daun. Pengendalian menggunakan insektisida pada lahan padi ini akan efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar